Berpedoman dari tujuan tersebut di atas, penyelenggaraan pendidikan pada lembaga MTs Ma’arif NU 4 Kemranjen mempunyai target ;
- Sekurang-kurangnya 90 % peserta didik terbiasa sholat berjamaah;
- Pada akhir tahun pelajaran peserta didik hafal asmaul husna, dan Al qur’an Juz 30 dan Qur’an Surat Panjang Pilihan
- Tertananamnya nilai-nilai akidah dan syari’at Islam ala Ahli Sunnah Wal-Jama’ah;
- Sekurang-kurangnya 95 % peserta didik mampu membaca dan menulis Ayat Al-Qur’an/arab;
- Tertanamnya jiwa toleransi, saling menghormati, akhlakul karimah antar sesama;
- Memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan kepramukaan dan kegiatan pembelajaran lain yang selaras;
- Tertanamnya jiwa kedisiplinan dari seluruh komponen sekolah (stake-holder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktifitas serta sebagai aset sekolah;
- Tertanamnya kesadaran 7K dan kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya;
- Peserta didik naik kelas 100% secara normatif;
- Mempertahankan Prosentase tingkat kelulusan hingga mencapai 100 %;
- Memperoleh nilai Rata-rata Ujian Madrasah (UM) dan UAMBN minimal 7.50
- Memperoleh selisih NUN (gain score achievement) 0,5 (dari 6,00 menjadi 6,50 atau lebih)
- Memperoleh Peringkat 10 Besar rata -rata nilai UN, UM dan UAMBN Tingkat MTs Kabupaten Banyumas.
- Terlaksananya optimalisasi proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered learning), bervariasi inovatif, dan bermakna, di antaranya melalui pendekatan CTL, PAKEM serta layanan bimbingan dan konseling.
- Meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
- Melestarikan budaya daerah melalui mulok bahasa Jawa dengan indikator 60 % peserta didik mampu berbahasa Jawa secara kontekstual
- Terbekalinya 100 % Peserta didik mampu mengakses informasi yang positif dari internet
- Meraih kejuaraan tingkat kecamatan, karesidenan , kabupaten hingga propinsi dalam bidang :
- Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Olimpiade Sain (OS) dan OSKANU
- Cerdas Cermat Ilmu Agama Islam (CCIAI)
- Lomba Tingkat Kepramukaan ( LT), PERTABAH dan atau lainnya
- Pidato Bahasa Indonesia, Jawa, Arab dan Inggris
- Seni Islami seperti MTQ, Tahfidz dan Tartilul Qur’an , Khitobah, Rebana dan Hadroh
- Olahraga, terutama Sepak Bola , Tenis Meja dan Bulutangkis
- Terciptanya kegiatan di madrasah yang terencana dan terarah dengan acuan manajemen yang baik.
- Meningkatnya kualitas para guru dan jajaran pengelola madrasah lainnya, sehingga memungkinkan terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif dan menciptakan output yang handal.
- Memperoleh prestasi akademik dan non akademik yang optimal tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional
- Peserta didik mampu dan menguasai Baca Tulis Al Qur’an (BTA)
- Mengembangkan dan membiasakan amaliyah NU dan mampu mencetak generasi NU yang militan
- Terciptanya kehidupan religius dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, kebebasan berkreasi.
- Terwujudnya pelajar yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah dan menjalankan syariat agama ahlus sunnah wal jama’ah.