Target dan Tujuan Madrasah

Berpedoman  dari tujuan tersebut di atas, penyelenggaraan pendidikan pada lembaga MTs Ma’arif NU 4 Kemranjen mempunyai target ;

  1. Sekurang-kurangnya 90 % peserta didik terbiasa sholat berjamaah;
  2. Pada akhir tahun pelajaran peserta didik hafal asmaul husna, dan  Al qur’an Juz 30 dan Qur’an Surat Panjang Pilihan
  3. Tertananamnya nilai-nilai akidah dan syari’at Islam ala Ahli Sunnah Wal-Jama’ah;
  4. Sekurang-kurangnya 95 % peserta didik mampu membaca dan menulis Ayat Al-Qur’an/arab;
  5. Tertanamnya jiwa toleransi, saling menghormati, akhlakul karimah antar sesama;
  6. Memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan kepramukaan dan kegiatan pembelajaran lain yang selaras;
  7. Tertanamnya jiwa kedisiplinan dari seluruh komponen sekolah (stake-holder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktifitas serta sebagai aset sekolah;
  8. Tertanamnya kesadaran 7K dan kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya;
  9. Peserta didik naik kelas 100% secara normatif;
  10. Mempertahankan Prosentase tingkat kelulusan hingga mencapai  100 %;
  11. Memperoleh nilai Rata-rata Ujian Madrasah (UM) dan UAMBN   minimal 7.50
  12. Memperoleh selisih NUN (gain score achievement) 0,5 (dari 6,00 menjadi 6,50 atau lebih)
  13. Memperoleh Peringkat 10 Besar rata -rata nilai UN, UM dan UAMBN Tingkat MTs Kabupaten Banyumas.
  14. Terlaksananya optimalisasi proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered learning), bervariasi inovatif, dan bermakna, di antaranya melalui pendekatan  CTL, PAKEM serta layanan bimbingan dan konseling.
  15. Meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
  16. Melestarikan budaya daerah melalui mulok bahasa Jawa dengan indikator 60 % peserta didik mampu berbahasa Jawa secara kontekstual
  17. Terbekalinya 100 % Peserta didik  mampu mengakses informasi yang positif dari internet
  18. Meraih kejuaraan tingkat kecamatan, karesidenan , kabupaten hingga propinsi dalam bidang :
    1. Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Olimpiade Sain  (OS) dan OSKANU
    2. Cerdas Cermat Ilmu Agama Islam (CCIAI)
    3. Lomba Tingkat Kepramukaan ( LT), PERTABAH dan atau lainnya
    4. Pidato Bahasa Indonesia, Jawa, Arab dan Inggris
    5. Seni Islami seperti MTQ, Tahfidz dan Tartilul Qur’an , Khitobah, Rebana dan Hadroh
    6. Olahraga, terutama Sepak Bola , Tenis Meja dan Bulutangkis
    7. Terciptanya kegiatan di madrasah yang terencana dan terarah dengan acuan manajemen yang baik.
    8. Meningkatnya kualitas para guru dan jajaran pengelola madrasah lainnya, sehingga memungkinkan terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif dan menciptakan output yang handal.
    9. Memperoleh prestasi akademik dan non akademik yang optimal tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional
    10. Peserta didik mampu dan menguasai Baca Tulis Al Qur’an (BTA)
    11. Mengembangkan dan membiasakan amaliyah NU dan mampu mencetak generasi NU yang militan
    12. Terciptanya kehidupan religius dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, kebebasan berkreasi.
    13. Terwujudnya pelajar yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah dan menjalankan syariat agama ahlus sunnah wal jama’ah.